Informasi Terkini Seputar Dunia Kesehatan dan Tips Hidup Sehat

Jumat, 11 September 2015

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak

Informasi Seputar Kesehatan : Pernahkah terfikir dalam benak Anda hal-hal yang dapat merusak otak ? Ada banyak sekali yang dapat merusak dan mempengaruhi kerja otak. Dan tanpa di sadari, beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak otak mungkin sering kita lakukan.

Otak sendiri merupakan organ manusia yang memiliki fungsi sangat vital. Perannya selain sebagai pusat kendali atas semua aktifitas yang kita lakukan, juga bekerja sangat keras agar kita bisa tetap fit dan optimal melakukan pekerjaan sehari-hari. Karena itu, sangat penting untuk kita tetap menjaga kesehatan otak. Dan di bawah ini beberapa kebiasaan buruk yang entah kita sadar atau tidak efeknya untuk otak.

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak


  • Melewatkan Sarapan
Apakah Anda seseorang yang sering melewatkan sarapan ? Jika iya, sebaiknya hentikan kebiasaan tersbut mulai sekarang. Usahakan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum melakukan aktifitas. Mereka yang tidak mengkonsumsi sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah, yang akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang.

  • Rokok
Seperti yang kita tahu, daripada dampak positif, lebih banyak dampak negatif yang ditimbulkan oleh rokok. baik untuk perokok aktif maupun pasif. Selain dapat menyebabkan serangan jantung, zat-zat yang terkandung di dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat. sangat mengerikan bukan ?

  • Kurang Tidur
Otak beristirahat ketika kita tidur. Normalnya, waktu tidur seseorang adalah 7 sampai 8 jam. Dengan tidur yang cukup, otak akan berproses membuang racun-racun yang menumpuk selama bekerja. Akibat kurangnya tidur akan sangat fatal, terutama bagi otak. Seperti hal nya mesin pada sebuah mobil, keadaan bisa sangat buruk jika digunakan terus menerus tanpa istirahat cukup.

  • Konsumsi Gula Secara Berlebihan
Gula rasanya memang manis dan di butuhkan oleh tubuh sebagai salah satu sumber nergi, tapi kalau terlalu banyak sangat tidak di anjurkan. Kenapa ? Karena selain tidak baik untuk kesehatan dan dapat memicu naiknya kadar gula, terlalu banyak konsumsi gula juga dapat merusak otak secara perlahan. Ini berhubungan dengan terganggunya serapan zat lain semacam protein dan juga vitamin yang melambat dan tidak optimal. Metabolisme tubuh terutama otak akan mengalami gangguan.

  • Terlalu Banyak Makan
Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak
Bagi Anda yang suka makan banyak-banyak, jangan lagi ya ! Secukupnya aja. Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat mengakibatkan pembuluh darah otak mengeras. Ini karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun. Makan sehat dna berimbang sangat di sarankan. Kalau ANda suka fastfood / junkfood, sebaiknya di kurangi ya.

  • Jarang Berkomunikasi
Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak
Otak juga membutuhkan stimulus dan pemicu agar bisa terus bekerja dengan baik. Salah satu stimulus paling efektif adalah dengan berkomunikasi dengan orang lain. Dengan mengobrol, otak akan meningkatkan kemampuan kinerjanya secara optimal. Akibat jika jarang berkomunikasi dan bersosialisasi bagi otak adalah fatal. Otak akan berhenti menstimulus kemampuan intelektualnya. Kemampuan ingatan juga akan menurun secara perlahan. Maka usahakan minimal kita harus ngobrol dengan orang di sekitar kita, meski hanya sekedar bercanda.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak otak. Terlihat sepele namun efeknya sangat luar biasa. Kalau bukan diri kita sendiri yang peduli, siapa lagi ? Mari kita mulai pola hidup yang lebih sehat. Bukankah mencegah lebih baik dari mengobati ?

Semoga artikel kesehatan 'Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak' di atas bisa bermanfaat untuk semua :)

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Me On G+

Author


pentingnya hidup sehat
Kesehatan adalah investasi masa depan yang paling berharga. Karena itu, penting untuk kita menjaga kesehatan sedini mungkin. Karena mencegah lebih baik dari mengobati

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.