Informasi Terkini Seputar Dunia Kesehatan dan Tips Hidup Sehat

Sabtu, 17 Oktober 2015

Bahaya Kabut Asap Untuk Kesehatan Pernapasan

Bahaya Kabut Asap Untuk Kesehatan Pernapasan


Bahaya Kabut Asap Untuk Kesehatan Pernapasan - Kabut asap yang melanda sejumlah daerah di Sumatera dan Kalimantan akibat kebakaran lahan dan hutan (karhutla) telah mencapai titik yang membahayakan bagi kesehatan. Musim kemarau memperburuk kondisi ini.Karena selain tidak adanya hujan membuat pemadaman titik api menjadi sulit dan lama, Kemarau yang panjang membuat ladang rumput gambut menjadi sangat kering dan mudah sekali terbakar. ISPA adalah penyakit terbanyak yang di derita oleh mereka yang terkena kabut asap. Riau adalah salah satu daerah yang di selimuti kabut asap paling parah.

Bahaya Kabut Asap Untuk Kesehatan Pernapasan

Kementerian Kesehatan mencatat sebanyak 425.377 orang terserang infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akibat dampak kebakaran lahan dan hutan di tujuh provinsi sejak Juni lalu. Menurut Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek, sebagian orang yang terserang ISPA sempat dilarikan ke rumah sakit. Selain ISPA, penyakit lainnya seperti pneumonia, PPOK (penyakit paru obstruktif kronis) serta radang dan infeksi paru-paru juga mengintai mereka. Itulah bahaya kabut asap untuk kesehatan pernapasan.

Untuk mencegah ISPA Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini

  • Memakai masker
  • Selain memakai masker, Anda juga bisa memakai Respirator
  • Menggunakan kipas angin
  • Perbanyak minum air putih
  • Menutup jendela dan pintu rapat-rapat
  • Mencuci tangan dan wajah sesudah beraktivitas di luar ruangan
  • Selalu lakukan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), seperti makan bergizi, jangan merokok, istirahat yg cukup dll.
  • Penampungan air minum dan makanan harus terlindung baik. Buah-buahan dicuci sebelum dikonsumsi. Bahan makanan dan minuman yang dimasak perlu di masak dengan baik.

Menerapkan pola hidup bersih sehat sangat penting. Selalu mencuci bersih makanan dan menutup rapat-rapat penampungan air juga sangat penting. Karena secara tidak langsung asap kebakaran hutan dapat mencemari air bersih. Jika dikonsumsi masyarakat, bisa menganggu saluran cerna. Konsumsi banyak air putih bermanfaat sebagai detok.


Mungkin Terkait:



Bahaya Kabut Asap Untuk Kesehatan Pernapasan

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Me On G+

Author


pentingnya hidup sehat
Kesehatan adalah investasi masa depan yang paling berharga. Karena itu, penting untuk kita menjaga kesehatan sedini mungkin. Karena mencegah lebih baik dari mengobati

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.