Informasi Terkini Seputar Dunia Kesehatan dan Tips Hidup Sehat

Latest Posts

Minggu, 27 November 2016

Dampak Dan Pengaruh Stres Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Stres merupakan hal lumrah yang terjadi pada orang dewasa. Tapi, apakah Anda tahu, dampak dan pengaruh stres yang luar biasa untuk kesehatan tubuh? Jika Anda tidak ingin sakit, maka jauhi yang namanya stres berkepanjangan.

Dampak Dan Pengaruh Stres Untuk Kesehatan Tubuh Anda


Dampak Dan Pengaruh Stres Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Jika Anda menganggap stres merupakan kondisi yang biasa, maka, Anda salah. Stres sesaat memang tidak akan berpengaruh besar terhadap tubuh Anda. Namun, stres yang berkepenajangan dapat berpengaruh buruk untuk kesehatan tubuh Anda.

Seseorang yang mengalami stres berkepanjangan akan lebih mudah terserang penyakit. Saat stres, tubuh dapat melepas hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi lebih cepat. Akibatnya, stres dapat memicu penyempitan pembuluh darah, napas yang lebih cepat, sampai meningkatnya tekanan darah.

Selain itu, stres berkepanjangan dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Akibatnya, Anda akan mudah terserang penyakit.

Berikut Beberapa Dampak Dan Pengaruh Stres Untuk Kesehatan Tubuh Anda


Perlu Anda ketahui, beberapa penyakit dapat dipicu oleh stres berkepanjangan. Seperti:


Selain memicu penyakit, stres juga dapat memicu gangguan seksual dan meningkatkan keceamasan Anda. Sehingga, Anda mudah mengalami depresi.

Sangat besar bukan dampak dan pengaruh stres untuk kesehatan tubuh Anda? Karenanya, sebisa mungkin Anda menghindari stres.

Ada beberapa cara simpel yang bisa Anda lakukan sendiri untuk menghindari stres. Diantaranya:

  1. Menjalani pola hidup sehat terbamuk olahraga dan konsumsi makanan sehat
  2. Mendapatkan waktu istirahat yang cukup
  3. Tidak membawa masalah pekerjaan ke rumah
  4. Keluar dan melihat pemandangan serta menghirup udara segar
  5. Mandi atau berendam
  6. Yoga atau meditasi

Salam Sehat

Dampak Dan Pengaruh Stres Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Jumat, 11 November 2016

Daftar Makanan Penambah Darah Untuk Penderita Anemia

Untuk Anda penderita anemia, informasi mengenai daftar makanan penambah darah berikut ini sangat penting untuk Anda ketahui.

Hal ini, karena selain dari suplemen dan obat-obatan, makanan yang Anda konsumsi juga memiliki peran penting sendiri dalam pemulihan kesehatan Anda penderita anemia.

Daftar Makanan Penambah Darah Untuk Penderita Anemia


Daftar Makanan Penambah Darah Untuk Penderita Anemia
Seperti yang kita ketahui, kekurangan zat besi menjadi salah satu penyebab terjadinya anemia atau kurang darah. Nah, sebagian besar zat besi tersebut bisa kita dapatkan dari makanan.

Zat besi yang terdapat dalam makanan yang diserap oleh tubuh sendiri terbagi menjadi dua bentuk. Yaitu:

  1. Heme yang bisa kita dapatkan dari daging-dagingan. Dan,
  2. Non-heme yang bisa kita dapatkan dari sayuran. Terutama sayuran yang berwarna hijau gelap.

Oleh karenanya, mengkonsumsi makanan penambah darah yang kaya zat besi sangat penting untuk Anda penderita anemia.

Selain membantu memulihkan kondisi Anda, makanan penambah darah ini juga sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan dan juga pencernaan Anda.

Penasaran, makanan apa sajakah yang termasuk dalam list makanan penambah darah? Berikut daftarnya untuk Anda.

Daftar Makanan Penambah Darah Untuk Penderita Anemia


Daftar Makanan Penambah Darah Untuk Penderita Anemia
Selain dari daging-dagingan, baik itu daging merah seperti kambing dan sapi, ataupun daging unggas, makanan berikut ini juga memiliki kandungan zat besi yang sangat bagus untuk menambah darah penderita anemia.

1. Makanan penambah darah pertama yang sangat baik untuk Anda penderita anemia konsumsi adalah buah-buahan. Hampir semua jenis buah-buahan bagus untuk penderita anemia. Beberapa diantaranya adalah:

  • Jambu biji
  • Mangga
  • Pepaya
  • Jeruk
  • Apel
  • Stroberi
  • Alpukat
  • Anggur
  • Kiwi
  • Pisang, sampai
  • Buah naga.

Di dalam buah-buahan tersebut, selain kaya akan zat besi, juga dilengkap dengan kandungan lainnya. Seperti: vitamin B, C, antioksidan, dan juga serat.

2. Selain bayam, beberapa sayuran ini juga termasuk dalam daftar makanan penambah darah. Ini karena di dalam sayuran berikut juga terdapat kandungan zat besi yang tidak kalah tingginya dari bayam. Diantaranya adalah:

  • Sawi
  • Katuk
  • Tomat, dan
  • Kangkung

3. Makanan dengan kandungan zat besi tinggi lainnya adalah seafood. Baik itu tiram, udang, maupun ikan sarden. Dan juga hati ayam.

4. Makanan penambah darah lainnya yang juga memiliki kandungan zat besi di dalamnya adalah kacang-kacangan. Baik itu kacang polong, kacang kedelai, maupun kacang-kacang jenis lainnya.

Itulah beberapa makanan yang mengandung zat besi untuk penambah darah pada penderita anemia. Saya yakin, sebagian besar makanan di atas termasuk makanan yang Anda sukai dan mudah di dapatkan.

Untuk Anda yang membutuhkan informasi mengenai cara mengatasi anemia secara alami yang aman tanpa efek samping. baik itu untuk anak-anak, orang dewasa, manula, ataupun ibu hamil, silahkan KLIK DISINI!!

"Mulailah membangun kesadaran sendiri akan pentingnya hidup sehat dengan menjaga pola makan serta rajin berolahraga. Karena sakit itu MAHAL"


Daftar Makanan Penambah Darah Untuk Penderita Anemia

Senin, 10 Oktober 2016

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Terlengkap

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi - Jika Anda tahu bahaya tekanan darah tinggi, apakah Anda juga tahu jika ada makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara alami?

Nah, untuk Anda yang belum mengatahui makanan penurun tekanan darah tinggi yang menurut saya cukup enak-enak ini, sekarang Anda akan mengetahuinya.

Karena kami akan memberikan informasi mengenai makanan penurun tekanan darah tinggi untuk sobat sehat semua.

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Terlengkap


Darah tinggi sendiri adalah salah satu penyakit yang di tandai oleh tingginya nilai tekanan darah seseorang. Karena pada umumnya, orang yang sehat memiliki tekanan darah 120/80 mmHg.

Selain pantangan makanan darah tinggi yang harus Anda ketahui, Anda juga harus mengetahui makanan yang dapat menurunkan tekanan darah.

Mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dapat membantu proses penyembuhan penyakit darah tinggi yang Anda derita menjadi lebih efektif.

Penasaran makanan apa sajakah yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi? Berikut list makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh Anda penderita tekanan darah tinggi.

Daftar Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Terlengkap


Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Terlengkap

Makanan pertama yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi adalah sayuran. Ada banyak jenis sayuran yang dapat membantu mengatasi darah tinggi. Beberapa diantaranya adalah: Bayam, buncis, seledri, bawang putih, tomat, kentang, mentimun, dan kedelai.

Di dalam sayuran tersebut, selain rendah kalori dan tinggi serta, juga terdapat nutrisi sehat seperti potasium, folat, dan magnesium yang dapat menurunkan dan menjaga tekanan darah Anda.

Selain sayuran, buah-buahan juga salah satu menu yang wajib untuk di konsumsi oleh penderita darah tinggi. Berikut beberapa buah-buahan yang bisa Anda konsumsi. Diantaranya: pisang, alpukat, mengkudu, belimbing, melon, kiwi, jeruk, blewah, semangka, aprikot, dan blueberry.

Buah-buahan tersebut selain memiliki kandungan kalium yang tinggi, kalsium, dan magnesium untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, juga kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Coklat pahit murni, yoghurt, ikan salmon, gandum, minyak dan buah zaitun, biji bunga matahari (kuaci), putih telur, serta oatmeal juga termasuk dalam menu makanan penurun tekanan darah tinggi yang sebaiknya masuk menu Anda.

Itulah beberapa makanan sehat yang bisa menjadi menu makanan Anda penderita darah tinggi. Selain mengkonsumsi makanan di atas, kami sarankan Anda untuk istirahat dengan cukup, menghindari stres, menjauhi alkohol, dan rutinlah berolahraga. Setidaknya 30 menit setiap pagi.

Untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi yang Anda derita secara alami, kami memiliki solusinya. Silahkan KLIK DISINI untuk informasi lebih lengkapnya.

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Terlengkap

Sabtu, 17 Oktober 2015

Bahaya Kabut Asap Untuk Kesehatan Pernapasan

Bahaya Kabut Asap Untuk Kesehatan Pernapasan


Bahaya Kabut Asap Untuk Kesehatan Pernapasan - Kabut asap yang melanda sejumlah daerah di Sumatera dan Kalimantan akibat kebakaran lahan dan hutan (karhutla) telah mencapai titik yang membahayakan bagi kesehatan. Musim kemarau memperburuk kondisi ini.Karena selain tidak adanya hujan membuat pemadaman titik api menjadi sulit dan lama, Kemarau yang panjang membuat ladang rumput gambut menjadi sangat kering dan mudah sekali terbakar. ISPA adalah penyakit terbanyak yang di derita oleh mereka yang terkena kabut asap. Riau adalah salah satu daerah yang di selimuti kabut asap paling parah.

Bahaya Kabut Asap Untuk Kesehatan Pernapasan

Kementerian Kesehatan mencatat sebanyak 425.377 orang terserang infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akibat dampak kebakaran lahan dan hutan di tujuh provinsi sejak Juni lalu. Menurut Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek, sebagian orang yang terserang ISPA sempat dilarikan ke rumah sakit. Selain ISPA, penyakit lainnya seperti pneumonia, PPOK (penyakit paru obstruktif kronis) serta radang dan infeksi paru-paru juga mengintai mereka. Itulah bahaya kabut asap untuk kesehatan pernapasan.

Untuk mencegah ISPA Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini

  • Memakai masker
  • Selain memakai masker, Anda juga bisa memakai Respirator
  • Menggunakan kipas angin
  • Perbanyak minum air putih
  • Menutup jendela dan pintu rapat-rapat
  • Mencuci tangan dan wajah sesudah beraktivitas di luar ruangan
  • Selalu lakukan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), seperti makan bergizi, jangan merokok, istirahat yg cukup dll.
  • Penampungan air minum dan makanan harus terlindung baik. Buah-buahan dicuci sebelum dikonsumsi. Bahan makanan dan minuman yang dimasak perlu di masak dengan baik.

Menerapkan pola hidup bersih sehat sangat penting. Selalu mencuci bersih makanan dan menutup rapat-rapat penampungan air juga sangat penting. Karena secara tidak langsung asap kebakaran hutan dapat mencemari air bersih. Jika dikonsumsi masyarakat, bisa menganggu saluran cerna. Konsumsi banyak air putih bermanfaat sebagai detok.


Mungkin Terkait:



Bahaya Kabut Asap Untuk Kesehatan Pernapasan

Senin, 21 September 2015

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Usus

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Usus


Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Usus - Usus merupakan bagian dari sistem pencernaan yang fungsinya sangat penting. Selain sebagai tempat untuk menampung ampas makanan, usus juga menjadi tempat untuk penyerapan nutrisi dari makanan. Karena itu, sangat penting sekali untuk kita selalu menjaga kesehatan usus.

Banyak diantara kita yang melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak usus. Dan disini saya akan memberitahukan apa saja kebiasaan buruk yang dapat merusak usus. Dengan mengetahui kebiasaan tersebut, kita bisa melakukan pencegahan dan bisa membuat kita semakin sadar dengan kesehatan usus.Dan bukankah mencegah jauh lebih baik dari mengobati ?

Beberapa Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Usus

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Usus
  • Sembarangan menggunakan antibiotik
Gangguan flora usus yang disebabkan penggunaan antibiotik secara serampangan mungkin bersifat permanen, dan sangat sulit untuk pulih kembali begitu mengalami kerusakan. Di saat antibiotik membasmi bakteri jahat, secara bersamaan juga berefek pada bakteri baik, tirai pelindung saluran usus ikut rusak, sehingga risiko terserang penyakit menular, obesitas, diabetes tipe 1, gastroenteritis, asma alergik dan risiko penyakit lainnya juga meningkat.

  • Kurang olahraga
Sebuah penelitian yang dipublikasikan The Federation of American Societies for Experimental Biology menyebutkan, bahwa ketidakseimbangan flora usus akibat kurangnya olahraga, kemungkinan dapat menyebabkan gangguan metabolisme dan obesitas. 

  • Diet
Makan terlalu sedikit dapat menyebabkan asupan gizi yang tidak memadai, merusak keseimbangan flora usus, sehingga menyebabkan gangguan pada pencernaan, lagipuala, jika tidak ada residu makanan yang cukup dalam usus, terutama serat makanan untuk merangsang peristaltik usus, akan mudah menyebabkan sembelit.

  • Sembarangan mengonsumsi makanan kesehatan
Untuk menjaga kesehatan, tubuh kita membutuhkan berbagai bakteri yang bermanfaat, dan jumlahnya juga harus lebih dari cukup, namun, setiap jenis serat makanan hanya dapat mengembangbiakkan sejumlah bakteri bermanfaat yang terbatas, jika menggunakan prebiotik tunggal dalam jangka panjang, akan membuat kesatuan pada struktur mikroorganisme usus, tidak baik untuk kesehatan jangka panjang.

  • Terlalu sering konsumsi makanan berlemak / berminyak
Makanan berminyak dan makanan yang mengandung kolesterol tinggi selain tidak baik untuk kesehatan jantung dan lainnya, juga tidak baik untuk usus. Mengonsumsi makanan tinggi lemak, berminyak dan terlalu banyak makan daging dalam jangka waktu panjang, sementara asupan makanan nabatinya sangat jarang, akan menyebabkan peningkatan bakteri jahat dalam usus, sementara bakteri baik berkurang, dan racun yang dihasilkan usus bertambah, fungsi perlindungan menurun drastis, atau secara gambaran artinya “usus mengalami kebocoran”.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak usus. Bagi Anda yang memiliki keluhan dengan usus, Kami memiliki solusinya. Silahkan KLIK DISINI untuk informasi lebih lengkapnya.

Terima kasih sudah menyimak artikel kesehatan di atas. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Mari hidup sehat dengan menjalankan gaya hidup yang sehat.

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Usus

Kamis, 17 September 2015

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Lambung

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Lambung


Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Lambung - Pernahkan terlintas di benak Anda untuk mengetahui kebiasaan buruk apa saja yang dapat merusak lambung ? Nah bagi Anda yang ingin mengetahui kebiasaan apa saja yang dapat membuat lambung mengalami kerusakan dan penurunan fungsi, disini saya akan membahasnya.

Dengan mengetahui kebiasaan buruk yang dapat merusak lambung akan membuat kita menghindarinya. Karena dengan menghindari kebiasaan tersebut, kesehatan lambung dapat terjaga. Bukankah mencegah lebih baik dari mengobati bukan ? Nah di bawah ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang sebaiknya Anda hindari karena bisa membuat lambung rusak secara perlahan dan membuat lambung kehilangan fungsinya.

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Lambung

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Lambung
  1. Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang memilki citarasa pedas dan asam
  2. Tidak sarapan dan sering mengabaikan jam makan
  3. Sering menunda makan, dan sekalinya makan dalam porsi yang banyak
  4. Seringnya konsumsi makanan yang tidak sehat
  5. Keranjingan soda > Baca juga bahaya keranjingan soda untuk kesehatan
  6. Konsumsi alkohol secara berlebihan
  7. Merokok. Rokok tidak hanya dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi paru-paru saja, tapi juga dapat meningkatkan produksi zat asam di lambung
  8. Kurang istirahat, stress dan depresi
Itulah beberapa kebiasaan buruk yang sering kita lakukan tanpa sadar dengan akibatnya untuk kesehatan terutama untuk lambung. Karena sekarang sudah tahu, mari kita mulai merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Perubahan itu di mulai dair diri kita sendiri. Kalau bukan kita yang memulai, siapa lagi ?

Bagi Anda yang memiliki gangguan atau masalah dengan lambung, sebaiknya segera obati. Jelly gamat Gold-G bisa menjadi alternatif terbaik untuk membantu menyembuhkan keluhan penyakit lambung yang Anda derita. Untuk mengetahui khasiat jelly gamat Gold-G dalam menyembuhkan penyakit lambung, silahkan KLIK DISINI.

Terima kasih banyak kunjungannya. Semoga artikel kesehatan di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda mendapatkan kesembuhan.

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Lambung

Jumat, 11 September 2015

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak

Informasi Seputar Kesehatan : Pernahkah terfikir dalam benak Anda hal-hal yang dapat merusak otak ? Ada banyak sekali yang dapat merusak dan mempengaruhi kerja otak. Dan tanpa di sadari, beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak otak mungkin sering kita lakukan.

Otak sendiri merupakan organ manusia yang memiliki fungsi sangat vital. Perannya selain sebagai pusat kendali atas semua aktifitas yang kita lakukan, juga bekerja sangat keras agar kita bisa tetap fit dan optimal melakukan pekerjaan sehari-hari. Karena itu, sangat penting untuk kita tetap menjaga kesehatan otak. Dan di bawah ini beberapa kebiasaan buruk yang entah kita sadar atau tidak efeknya untuk otak.

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak


  • Melewatkan Sarapan
Apakah Anda seseorang yang sering melewatkan sarapan ? Jika iya, sebaiknya hentikan kebiasaan tersbut mulai sekarang. Usahakan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum melakukan aktifitas. Mereka yang tidak mengkonsumsi sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah, yang akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang.

  • Rokok
Seperti yang kita tahu, daripada dampak positif, lebih banyak dampak negatif yang ditimbulkan oleh rokok. baik untuk perokok aktif maupun pasif. Selain dapat menyebabkan serangan jantung, zat-zat yang terkandung di dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat. sangat mengerikan bukan ?

  • Kurang Tidur
Otak beristirahat ketika kita tidur. Normalnya, waktu tidur seseorang adalah 7 sampai 8 jam. Dengan tidur yang cukup, otak akan berproses membuang racun-racun yang menumpuk selama bekerja. Akibat kurangnya tidur akan sangat fatal, terutama bagi otak. Seperti hal nya mesin pada sebuah mobil, keadaan bisa sangat buruk jika digunakan terus menerus tanpa istirahat cukup.

  • Konsumsi Gula Secara Berlebihan
Gula rasanya memang manis dan di butuhkan oleh tubuh sebagai salah satu sumber nergi, tapi kalau terlalu banyak sangat tidak di anjurkan. Kenapa ? Karena selain tidak baik untuk kesehatan dan dapat memicu naiknya kadar gula, terlalu banyak konsumsi gula juga dapat merusak otak secara perlahan. Ini berhubungan dengan terganggunya serapan zat lain semacam protein dan juga vitamin yang melambat dan tidak optimal. Metabolisme tubuh terutama otak akan mengalami gangguan.

  • Terlalu Banyak Makan
Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak
Bagi Anda yang suka makan banyak-banyak, jangan lagi ya ! Secukupnya aja. Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat mengakibatkan pembuluh darah otak mengeras. Ini karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun. Makan sehat dna berimbang sangat di sarankan. Kalau ANda suka fastfood / junkfood, sebaiknya di kurangi ya.

  • Jarang Berkomunikasi
Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak
Otak juga membutuhkan stimulus dan pemicu agar bisa terus bekerja dengan baik. Salah satu stimulus paling efektif adalah dengan berkomunikasi dengan orang lain. Dengan mengobrol, otak akan meningkatkan kemampuan kinerjanya secara optimal. Akibat jika jarang berkomunikasi dan bersosialisasi bagi otak adalah fatal. Otak akan berhenti menstimulus kemampuan intelektualnya. Kemampuan ingatan juga akan menurun secara perlahan. Maka usahakan minimal kita harus ngobrol dengan orang di sekitar kita, meski hanya sekedar bercanda.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak otak. Terlihat sepele namun efeknya sangat luar biasa. Kalau bukan diri kita sendiri yang peduli, siapa lagi ? Mari kita mulai pola hidup yang lebih sehat. Bukankah mencegah lebih baik dari mengobati ?

Semoga artikel kesehatan 'Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak' di atas bisa bermanfaat untuk semua :)

Follow Me On G+

Author


pentingnya hidup sehat
Kesehatan adalah investasi masa depan yang paling berharga. Karena itu, penting untuk kita menjaga kesehatan sedini mungkin. Karena mencegah lebih baik dari mengobati

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.