Informasi Terkini Seputar Dunia Kesehatan dan Tips Hidup Sehat

Kamis, 03 September 2015

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Ginjal

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Ginjal


Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Ginjal - Sobat sehat, tahukah Anda kebiasaan apa saja yang dapat merusak fungsi ginjal ? Nah bagi Anda semua yang belum tahu, disini saya akan membahas sekilas kebiasaan buruk apa saja yang dapat merusak ginjal.

Ada banyak sekali kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Kebiasaan tersebut biasanya dilakukan tanpa kita sadari akibatnya, atau mungkin kita tahu tapi tetap ngeyel buat melakukannya. Apa saja kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan fungsi ginjal ? Ini dia beberapa kebiasan buruk yang dapat merusak ginjal. Diantaranya:

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Ginjal


Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Ginjal

1. Kurang Minum

Tidak minum jumlah air yang cukup juga dapat menyebabkan kerusakan yang besar untuk ginjal anda. Ketika tubuh kekurangan air, darah akan menjadi kental, mengakibatkan aliran darah yang menuju ginjal berkurang. Hal ini akan menghambat kemampuan ginjal untuk menghilangkan racun dari tubuh, dan efeknya adalah masalah kesehatan pada tubuh anda yang lebih sering. Namun, perlu diingat bahwa minum terlalu banyak air juga bisa mengakibatkan ginjal anda bekerja keras. Jadi, jangan berlebihan. Orang dewasa yang sehat harus minum setidaknya 10 sampai 12 gelas sehari 

2. Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, yang pada gilirannya akan menaruh beban pada ginjal. Seiring waktu, hal ini dapat merusak ginjal. Bahkan, menurut sebuah studi tahun 2002 yang diterbitkan dalam Kidney Care International, konsumsi kafein memiliki hubungan yang kuat dengan batu ginjal. Kafein dapat meningkatkan ekskresi kalsium dalam urin.

3. Terlalu Banyak Merokok dan Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol berlebih hanya akan membuat ginjal berat untuk mengeluarkan toksin berlebih, yang lama kelamaan dapat merusak ginjal. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan ginjal rusak karena dengan merokok dapat menganggu aliran darah ke organ ginjal dan organ penting lainnya.

4. Sering Mengkonsumsi Protein Hewani Secara Berlebihan

Protein hewani memang penting untuk tubuh. Namun jangan sampai mengkonsumsinya secara berlebiha. Selama mengkonsumsi protein(terutama dari daging merah), meningkatkan beban metabolisme pada ginjal. Jadi, jika lebih banyak asupan protein, maka ginjal harus bekerja lebih keras. Sehingga jika sering dilakukan dari waktu ke waktu bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal. 

5. Sering Menahah Kemih

Menahan kemih bukan hanya dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih tapi juga dapat berpengaruh pada organ ginjal. Ketika urin tetap dalam kandung kemih untuk waktu yang lama, hal ini dapat menyebabkan bakteri di urin berkembang biak. Pada gilirannya, bakteri ini berbahaya karena dapat menyebabkan infeksi saluran kemih atau infeksi ginjal. Selain itu, membiarkan urin untuk waktu yang lama akan meningkatkan tekanan pada ginjal dan kemungkinan terburuk dapat menyebabkan gagal ginjal dan inkontinensia.

6. Konsumsi Garam Yang Tinggi

Mengkonsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi sangat tidak baik. Karena selain dapat meningkatkana resiko hipertensi, juga dapat membuat ginjal bekerja ekstra keras untuk mengeluarkan kelebihan garam. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan fungsi ginjal menurun dan penimbunan air dalam tubuh. Penimbunan air dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit ginjal.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal. Sekarang sudah tahu kan apa saja kebiasan buruk tersebut ? Dengan merubah pola hidup menjadi lebih sehat salah satunya dengan memperhatikan asupan konsumsi makanan dan juga berolahraga dapat membuat tubuh tetap sehat dan menjauhkan diri dari serangan penyakit. Bila anda memiliki masalah dengan kesehatan ginjal, kami punya solusinya. Informasi lengkapnya bisa anda lihat disini.

Terima kasih sudah berkunjung dan menyimak artikel kesehatan 'Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Ginjal' di atas. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca semua


- Salam Sehat dan Sukses Indonesia -

0 komentar:

Posting Komentar

Author


pentingnya hidup sehat
Kesehatan adalah investasi masa depan yang paling berharga. Karena itu, penting untuk kita menjaga kesehatan sedini mungkin. Karena mencegah lebih baik dari mengobati

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.